Relawan Anies Baswedan “ANIS” Dipersoalkan PDIP?

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.suaranasional.com

TendaBesar.Com - Jakarta - Untuk memuluskan jalan Anies Baswedan menuju RI 1 pada 2024, maka Relawan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIS) memastikan akan mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta itu sebagai calon presiden. 

Dengan lahirnya ANIS maka  sudah terdapat  2 komunitas yang menyatakan diri sebagai relawan Anies Baswedan yang mendorong Gubernur DKI Jakarta itu supaya maju dalam kontestasi Pilpres 2024.

Namun upaya ANIS tersebut ditanggapi oleh anggota DPRD DKI Jakarta dari fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Gilbert Simanjuntak. Politisi PDIP itu mengatakan, deklarasi relawan tidak serta merta menunjukan banyaknya dukungan terhadap satu sosok Capres termasuk Anies Baswedan. Menurut Gilbert, terpilihnya satu sosok menjadi seorang Presiden dipastikan berdasarkan kehendak rakyat.

"Makin banyak relawan tidak berarti makin banyak dukungan. Realitanya nanti sewaktu pemilihan. Politik bukan soal relawan, tapi siapa yang dikehendaki rakyat," beber Gilbert, Selasa (19/10/2021).

Gilbert tidak mempermasalahkan munculnya relawan ANIS yang mendorong Anies untuk maju sebagai Capres. Sebab, hak setiap warga negara indonesia ialah dipilih atau memilih untuk mencalonkan diri atau dicalonkan sebagai presiden. 

Gilbert malah berpesan kepada Anies agar sedianya menjalani janji politiknya terlebih dahulu. Ia mengatakan janji untuk DKI Jakarta saja belum dipenuhi.

"Janji di provinsi saja tidak dipenuhi, lalu mau urus nasional. Rapat DPRD saja tidak mau hadir padahal secara demokrasi itu rakyat, lalu mau melangkah ke nasional. Etika politiknya diperbaiki dulu," papar Gilbert.

Dari tempat terpisah, Koordinator relawan ANIS, La Ode Basir mengatakan, alasan dibentuknya relawan tersebut lantaran melihat kinerja sekaligus capaian-capaian Anies saat menjabat sebagai Gubernur DKI sangat memuaskan.

"Kita lihat bagaimana kepemimpinan Pak Anies di Jakarta. Kami telah melakukan banyak kajian dan diskusi tentang itu menunjukan keberhasilan," sanggah La Ode Selasa (19/10/2021).

La Ode menuturkan bahwa mendeklarasi Anies sebagai Capres bukan hanya berdasarkan popularitas semata. Ia melanjutkan bahwa pembentukan relawan ANIS sejak 2018, dengan anggota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Di samping itu secara tidak tegas, La Ode mengaku jika relawan ANIS sudah ada komunikasi yang dibangun antara pihaknya dengan pihak Anies Baswedan.

"Pasti itu ada lah, hanya enggak mungkin itu kita paparkan secara jelas itu bagian dari strategis. Biar itu isi rumah tangga kami," kata La Ode.

Adapun rencana deklarasi bakal di gelar pada Rabu (20/10) di Gedung Juang 45, Jakarta Pusat. Deklarasi akan dihadiri secara fisik 30 orang sementara sisanya akan diikuti melalui daring. (ah/tb)

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak