Trending

Ini Bahayanya Jika Kamu Tidur Setelah Makan Sahur


FaktaSehat.Online - Bangun pagi saat sahur di bulan Ramadhan merupakan satu hal yang tidak biasa bagi kebanyakan orang. hal ini akan menyebabkan rasa kantuk setelah melaksanakan shalat shubuh.

ada kebiasaan buruk sebagian masyakat yang tidur kembali setelah makan sahur dan shalat shubuh, hal ii tentunya tidak baik dari sisi kesehatan dan bisa menimbulkan bahaya.

Berikut ini beberapa bahaya tidur  setelah makan sahur.

1. Gangguan Pencernaan

Dalam kondisi normal, proses pengososngan lambung bisa mencapai dua jam setelah makan. Jika setelah makan langsung tidur dan dalam posisi berbaring maka akan memperlambat proses pengosongan lambung.

Jika hal tersebut terus menerus terjadi, maka bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti diare hingga sembelit. Oleh karena itu, untuk menghindari risiko tersebut, lebih baik lakukan aktifitas ringan setelah sahur dan perbanyak makan buah dan sayuran di saat sahur.

2. Asam Lambung

Tidur sesaat setelah makan dapat menimbulkan gangguan sistem pencernaan sehingga tidak bekerja dengan benar. hal ini bisa menyebabkan naiknya asam lambung.

Apabila makanan tidak dicerna dengan baik, maka otomatis lambung memproduksi asam lambung lebih banyak untuk mempercepat proses pencernaan.

jika asam lambung berlebih dan dalam posisi tidur bisa saja asam lambung akan naik ke kerongkongan dan menyebabkan luka. Selain itu, asam lambung bisa menyebabkan sakit di ulu hati dan terasa panas seperti terbakar di bagian dada.

3. Meningkatkan Risiko Obesitas

Jika seseorang tidur seusai makan sahur, maka makanan yang masuk ke lambung akan sulit dicerna oleh lambung.

Hal tersebut akan semakin parah jika menu sahurnya didominasi oleh karbohidrat, lemak dan olahan gorengan.

Tubuh manusia hanya membutuhkan sedikit energi ketika tidur, itulah mengapa makanan yang dimakan setelah sahur tidak langsung dicerna dan disimpan sehingga menjadi lemak yang bisa meningkatkan risiko obesitas.

4. Berisiko Diabetes

Tidur setelah makan sahur juga bisa meningkatkan naiknya kadar gula dalam darah secara drastis. hal ini tentu akan meningkatkan risiko diabetes pada seseorang.

Oleh karenanya, untuk bisa menghindari risiko diabetes tersebut sebaiknya pilih menu sahur yang bisa mengurangi gula darah, rendah lemak jenuh dan perhatikan sumber karbohidrat yang dimakan.

5. Stroke

Bahaya lainnya yang mengintai seseorang yang tidur setelah makan sahur adalah Stroke, Stroke merupakan penyakit yang ditakuti banyak orang. Stroke terbagi menjadi dua, Stroke Penyumbatan dan Stroke Pendarahan.

Tidur setelah sahur bisa menyebabkan Stroke Penyumbatan. Hal ini karena supali aliran darah ke otak menjadi terganggu dan tidak sesuai yang dibutuhkan otak.

Dalam jangka panjang, jika kebiasaan tidur setelah sahur ini dilakukan maka akan  menyebabkan Stroke karena otak kekurangan oksigen dan terjadi penyumbatan pembuluh darah.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak