Rijang Zaman Batu Ditemukan Seorang Gadis Perempuan Usia 8 Tahun dari Norwegia


TendaBesar.Com - Jakarta - Rijang Zaman Batu Ditemukan Seorang Gadis Perempuan Usia 8 Tahun dari Norwegia. Seorang gadis perempuan berusia 8 tahun dari Norwegia menemukan sebuah belati batu api atau rijang Zaman Batu saat sedang bermain di luar area sekolahnya.

Belati berbentuk batu yang ditemukan oleh bocah ini adalah artefak manusia yang berasal dari zaman batu sekitar 3.700 tahun yang lalu.

Elise, bocah perempuan Norwegia tersebut, mengungkapkan bahwa ia menemukan belati tersebut saat bermain di area berbatu di sekolahnya di kawasan Vestland.

"Aku awalnya ingin mengambil serpihan kaca, dan di situ juga aku menemukan belati itu," kata Elise dalam pernyataan , Selasa (9/5/2023), seperti dilansir merdeka.com.

Rijang atau batu api adalah jenis batu sedimen yang mengalami proses pengerasan. Batu semacam ini jarang ditemukan di Norwegia, dan diduga batu yang ditemukan tersebut berasal dari Laut Utara Denmark.

Secara umum, batu-batu seperti ini sering ditemukan dalam konteks penemuan sesembahan atau praktik pengorbanan di masa lalu.

Setelah penemuan tersebut, Dewan County Vestland dan Museum Universitas Vestland membentuk sebuah tim untuk melakukan investigasi lebih lanjut di area tersebut, namun hingga saat ini belum ada penemuan signifikan yang berhasil ditemukan.

Berdasarkan bentuknya, belati tersebut kemungkinan berasal dari Zaman Neolitik, periode di mana manusia prasejarah mulai menggunakan perkakas dari batu untuk bertahan hidup dan mulai hidup secara lebih menetap.

Belati ini akan dimasukkan ke dalam katalog Museum Universitas dan akan digunakan sebagai bahan penelitian untuk riset lebih lanjut.

(fer/tb)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak