GeNose C19 Produk Anak Bangsa Mulai Digunakan untuk Screening Covid-19 di Beberapa Bandara

Alat Screening Covid-19 GeNose C19 Produk Anak Bangsa.i0.wp.com

TendaBesar.Com - Jakarta - Alat deteksi covid-19 produk UGM, GeNose C19 terus diujicobakan untuk digunakan di beberapa pelayanan public. Setelah digunakan di puluhan stasiun kereta api, kini GeNose C19 kembali bakal diujicobakan di 4 bandara untuk di gubakan sebagai screening Covid-19.

Empat bandara tersebut mulai akan melakukan ujicoba layanan Genose C19 pada 1 April 2021 mendatang. Adapun keempat bandara tersebut adalah Bandara Sultan Mahmud Badarudin Palembang, Bandara Husein Sastranegara Bandung,  Bandara Yogyakarta International Airport, dan Bandara Juanda Surabaya.

Ketua tim pengembang Genose C19 Prof. Kuwat Triyono mengatakan bahwa pihaknya sudah sangat siap melakukan ujicoba layanan pemeriksnaan covid-19 lewat Genose. Hal itu disampaikan saat menanggapi rencana empat bandara yang akan menggunakan layanan GeNose C19 sebagai alat screening Covid-19 kedepan menggantikan alat VCR yang selama ini digunakan.

“Kita sudah siap dan memang harus siap,” kata Kuwat, Selasa (30/3/2021).

Kuwat menjelaskan bahwa ujicoba layanan pemeriksaan atau screening Covid-19 menggunakan layanan GeNose C19 di bandara ini  tidak berbeda dengan layanan pemeriksaan GeNose yang ada di stasiun kereta api sebelumnya.

Sementara itu terkait aturan dan prosedur alur pemeriksnaan GeNose bagi penumpang di bandara Kuat mengatakan bahwa pihaknya sedang menunggu aturan resmi dari Kementerian Perhubungan dan Satgas Covid-19. 

“Mudah mudahan dalam dua hari ini sudah keluar,” harap Kuwat.

Adapun terkait dengan total jumlah alat GeNose yang bakal digunakan di masing-masing bandara, Kuwat mengatakan hal tersebut akan disesuaikan dengan jumlah pengunjung di setiap bandara.

"Dalam hitungannya, setiap bandara minimal bisa menggunakan sekitar 8-10 unit Genose. Sebab dalam satu hari, satu alat genose bisa memeriksa sekitar 250 orang sekaligus. Jika ada 10 unit maka memeriksa sekitar 2500 orang dalam sehari,” beber Kuwat.

Dalam hal kemampuan GeNose dapat memeriksa tes covid-19 dengan jumlah yang sangat banyak, Kuat menyarankan untuk mengantisipasi penumpukan dan  tidak terjadi antrian panjang saat pemeriksaan. Maka baiknya  penumpang datang ke bandara lebih awal. Jangan sampai mepet dengan jadwal pemberangkatannya. (saf/tendabesar)

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak