Sekolah At Taufiq Bogor Selenggarakan BIAS untuk Siswa Sehat dan Kuat!

Pelaksanaan imunisasi di sekolah At Taufiq berlangsung dengan protokol ketat.dok panitia

TendaBesar.Com - Bogor - Meskipun masih dalam balutan konflik berkepanjangan yang tak kunjung usai, Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan kegiatan lain di sekolah At Taufiq berjalan normal seperti biasanya.

Salah satu kegiatan rutin tahunan di luar KBM yang dilakukan adalah Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Kegiatan tersebut adalah kegiatan tahunan yang terselenggara berkat  kerja sama antara sekolah At Taufiq dengan dinas kesehatan Kota Bogor pada Selasa (23/11/2021)

Hal itu disampaikan oleh penanggung jawab kegiatan BIAS sekolah At Taufiq, Erny. Ia mengatakan bahwa kegiatan BIAS ini terselenggara atas kerja sama sekolah dengan dinkes kota Bogor. 

“Program dari Dinas Kesehatan, program rutin dari dinas kesehatan bekerja sama dengan sekolah”, jawab Erny saat dikonfirmasi via ponselnya, Selasa (23/11/2021)

Erny menambahkan, mestinya kegiatan itu dilaksanakan pada 16 November 2021 sesuai surat pemberitahuan dari UPTD puskesmas Kedung Badak, namu karena ada beberapa hal terkait dengan kondisi sekolah maka kegiatan tersebut diundur ke 23 November 2021

“Iya betul, hanya saja karena beberapa pertimbangan sebelumnya, kami minta reschedule”, tambah Erny

Siswa-siswi antusias ikut imunisasi.dok panitia

Sementara siswa yang diimunisasi adalah kelas 1,2 dan kelas 5 dengan total jumlah siswa berkisar 200 orang siswa. Kelas 1, memeperoleh imunisasi Measles Rubella (MR) dan Difteri Tetanus (DT) secara bersamaan.  Sementara kelas 2 dan 5  mendapatkan imunisasi Tetanus difteri (Td)

“Sekitar 200 orang, ada beberapa yang pending gak diimunisasi karena kondisi badan sedang kurang fit. Kelas 1 dapat Measles Rubella (MR) dan Difteri Tetanus (DT) secara bersamaan.  Sementara kelas 2 dan kelas 5  mendapatkan Tetanus difteri (Td)”, jelas Erny

Senada dengan Erny, Kepala UPTD Puskesmas Kedung Badak Drg. Aditya membenarkan jika pelaksanaan BIAS di At Taufiq mundur dari jadwal yang sudah di-plot sebelumnya.

“Untuk jadwal awal sdh kami sepakati di tgl 16 nov 2021..tetapi di pertengahan jalan ada beberapa agenda sekolah yg harus dilaksanakan, makanya dijadwalkan kembali untuk pelaksanaan BIAS nya..dan pihak sekolah bisa si tgl 23”, papar Aditya saat dihubungi tendabesar.com melalui WhatsApp-nya. 

Orang tua dengan sabar menunggu anak-anaknya diimunisasi sembari mendapatkan arahan dari kepsek

Aditya menambahkan bahwa program BIAS adalah kegiatan rutinitas setiap puskesmas di Kota Bogor. Namun pelaksanaan program tersebut terkoordinasi baik dengan lintas sektor maupun lintas program.

“Bentuk pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) sudah biasa kami lakukan secara rutin. Setiap Pusmesmas di Kota Bogor melaksanakan kegiatan ini biasanya sudah kami koordinasikan dgn lintas sektor dan lintas program terkait..”, beber Aditya.

Aditya menyebut bahwa setiap Puskesmas telah memiliki sasaran sekolah di wilayah masing-masing. Kegiatan BIAS terlebih dahulu disosialisasikan sebelum dilaksanakan di sekolah yang dibidik oleh dinkes.

“Setiap Puskesmas sudah memiliki sasaran sekolah di wilayahnya masing-masing..dan sebelum pelaksanaan BIAS kami biasanya mensosialisasikan dulu ke guru2 UKS tiap sekolah dan memberikan arahan2 teknis terkait pelaksanaannya nanti”, tutup Aditya.

(fer/tb)

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak