Alissa Wahid Keberatan AJ Sebagai Representasi Nahdlatul Ulama

Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Alissa Wahid. gusdurian.net

TendaBesar.Com - Jakarta - Banyak kalangan menganggap bahwa Permadi Arya alias Abu Janda (AJ) kebal hukum. Sebab berkali kali dilaporkan oleh masyarakat atas pernyataannya yang dianggap menghina islam dan melukai hatu umat islam tidak pernah sampai pada penahanan. Nyaris AJ selalu lolos dari jeratan hukum.

Pernyataan terakhir AJ yang membuat gaduh dunia maya juga masyarakat negeri khatulistiwa adalah menganggap bahawa agama islam itu arogan. Agama islam adalah agama pendatang dari Arab yang arogan.

Meskipun AJ berusaha mengklarifikasi apa maksudnya terkait pernyataan kontroversinya, namun kali ini dirinya tetap diperiksa oleh bareskrim. Namun demikian AJ tidak ditahkan ia melenggang kangkum dipulangkan.

Atas pernyataan AJ yang kontroversi tersebut terlebih AJ menobatkan dirinya sebagai representasi dari Nahdlatul Ulama (NU), Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian, Alissa Wahid mengatakan bahwa ia keberatan jika Abu Janda dianggap sebagai salah satu representasi dari NU. 

Putri sulung Gusdur  itu berpendapat bahwa AJ tidak layak menjadi salah satu representasi NU, sebab perilaku yang selama ini diperlihatkan ke publik, sama sekali tidak sejalan dengan nilai atau prinsip ajaran NU.

Alissa bahkan mengatakan, bahwa AJ sebenarnya bukan merupakan sosok yang mendalami agama Islam secara baik dan benar. Alissa blak-blakan menyampaikan bahwa sosok  AJ bukanlah salah satu sosok terdepan dalam poros NU. Alisa Bahkan, menyebut AJ sebagai pribadi yang jauh dari kesan pesantren.

"Dia (Abu Janda) tidak benar-benar menguasai ilmu agama, artinya kita enggak pernah melihat dia sebagai bagian dari kelompok atau poros-poros NU. Jadi dia kan bukan bagian dari poros-poros NU, pesantren juga enggak," ujar Alissa, sebagai mana dirilis di laman nu.or.id (3/2/2021).

Kritik pedas Alissa ia  disampaikan, dikarenakan  Ia melihat AJ kerap mengklaim bahwa dirinya merupakan salah satu bagian dari organisasi Islam Nahdlatul Ulama. Akan tetapi, sering membuat gaduh yang justru dianggap mencoreng nama baik NU.

Gegara sikapnya yang kritis terhadap tingkah polah AJ yang dianggap kerap mebuat gaduh dan mencoreng nama baik NU Alissa menjadi sasaran serangan pendukung AJ


"Tipikal yg sama, mentang- mentangnya itu.Mentang-mentang anak Gus Dur yg disegani, lihat bio orang yg beda pendapat adalah kadernya langsung saja intimidasi.Diskusi aja disini, ladenin mentionnya," tulis salah satu akun @BoengNa

Menanggapi beberapa cuitan yang ditujukkan kepadanya, Alissa pun mengatakan jika apa yang ia sampaikan sudah mengukur berdasarkan pernyataan dari Abu Janda.

"Sepakat.
Sikap saya bukan sikap NU.
Sikap saya bahkan tidak boleh dianggap sikap Gusdurian yang saya dirikan.

Itu kalimat saya ke CNN dan NU Online. Mengukur pernyataan Permadi sbg representasi NU, tidak tepat krn berlawanan dg tawassuth, tawazzun yg adalah nilai utama NU," balas Alissa.(ah/tendabesar)

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak