Ramadhan Tiba, Cegah Pandemi Covid-19, Masjid Al-Aqsa Ditutup


TendaBesar.Com - Jakarta - Bagi kaum muslim barangkali kabar ini merupakan kabar duka yang cukup memilukan. Arab Saudi Memutuskan untuk menutup semua masjid yang ada di kota Makkah dan Madinah, selama bulan ramadhan dalan rangka mencegah pandemic covid-19, sementara  masyarakat diminta melakukan shalar rawatib juga tarawih di rumah masing-masing. 

Demikian juga halnya masjid terbaik dunia ke-3 pahalanya setelah Masjidil Harom dan Masid Nabawi, apa bila kaum muslim beribadah di dalamnya yakni masjid Al Aqsho-pun akan ditutup bagi kaum muslimin selama bulan Ramadhan. Penututupan terrsebut dilakukan akibat dampak dari pandemi covid-19 yang masih terus terjadi di yerussalem saat ini.  

Penutupan Masjid Al-Aqsa diumumkan oleh Lembaga Wakaf Islam Yerusalem, yakni dewan khusus yang ditunjuk oleh Pemerintah Yordania untuk mengawasi situs-situs Islam di kompleks suci tersebut, demikian dilansir  Al Jazeera, Jumat (17/4/2020).

Dalam sebuah keterangan yang diterbitkan pada Kamis, 16 April 2020, Lembaga Wakaf Islam Yerusalem tersebut mengatakan bahwa langkah penutupan aktifitas masjid Al Aqso itu, telah sejalan dengan fatwa ulama dan pertimbangan medis. 

Selain itu, Dewan juga mengimbau agar umat muslim tetap melakukan shalat di rumah mereka  masing-masing selama bulan Ramadhan, baik shalat rawatib maupun shalat sunnah seperti tarawih dan lainnya untuk menjaga keselamatan mereka. Alhasil, panggilan azan masih tetap dilaksanakan di Masjid Al-Aqsa, sehari lima kali selama bulan Ramadhan, demikian juga  pengurus masjid masih tetap diizinkan memasuki masjid. 

Puasa Ramadhan akan dimulai sekitar 24 April 2020. Pada bulan itu, biasanya puluhan ribu umat Muslim melaksanakan shalat tarawih setiap hari di Masjid Al-Aqsa dan Kubah Shakhrah yaitu sebuah bangunan besar persegi delapan dan berkubah emas yang terletak di tengah kompleks Masjid Al Aqsa. Kompleks Masjidil Aqsa memiliki sejarah yang sangat penting bagi agama Samawi atau agama langit khususnya agama islam. Umat Muslim meyakini bahwa Masjid Al Aqso adalah tempat Nabi Muhammad SAW naik ke Sidrotul Muntaha dalam perjalanan Isra' Mi'raj bersama Jibril Alaihissalam.

Keputusan Dewan melarang umat muslim beribadah di kompleks Al Aqso selama bulan Ramadhan tersebut, merupakan perpanjangan dari larangan yang telah diberlakukan sejak 23 Maret 2020. Israel mengontrol ketat setiap pintu masuk ke kompleks tersebut bahkan sebelumnya Israil telah memblokade akses ke situs-situs yang ada di dalam komplek Al Aqso.  Dewan khusus itu mengatakan bahwa jamaah tidak dapat mengunjungi Masjid Al-Aqsa untuk sementara waktu, untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 semakin cepat. Dan kepustusan penutupan tersebut telah disepakati oleh para ulama dan tim medis. (sbr/tendabesar)

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak