Pengumuman Lolos Kartu Prakerja Melalui HP


TendaBesar.Com - Jakarta - Dalam Acara Konfrensi Pers, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyanpaikan bahwa pemerintah akan mengirimkan pesan singkat (SMS) kepada peserta yang lolos pelatihan tahap I program Kartu Prakerja.  SMS tersebut bakal dikirim kepada para peserta yang lolos mulai hari Sabtu,18 April 2020 – Senin, 20 April 2020.

Airlangga mengatakan, untuk tahap I ini peserta yang mendaftar sebanyak 5,9 juta peserta, dan dari jumlah tersebut yang memenuhi kriteria sebanyak 2,07 juta pendaftar. Dari total 2,07 juta yang memenuhi kriteria tersebut, yang diloloskan pada tahap I ini hanya 200 ribu peserta.

Artinya dari total  2,07 juta yang memenuhi kriteria, hanya 200 ribu peserta yang bakal mendapatkan kode unik dari pemerintah dan dikirim melalui SMS untuk membeli jenis pelatihan yang diinginkan. Sedangkan yang tidak mendapatkan pesan dari Pemerintah yankni sekitar 1,87 juta hingga hari Senin pukul 10.00 WIB, berarti belum dinyatakan lolos tahap I.

"200 ribu perserta yang lolos akan diberikan notifikasi melalui SMS yang akan dimulai pada hari Sabtu sampai dengan hari Senin. Kata Airlangga. Dia melanjutkan di antara sabtu-senin secara bergelombang diinfokan lewat SMS, sudah mulai bisa memilih pelatihan," kata Airlangga, Kamis, (16/4/2020).

Airlangga menekankan, bahwa sisa 1,87 juta peserta yang tidak lolos meskipun  masuk kriteria tersebut dapat mengikuti Kartu Prakerja tahap II tanpa melakukan pendaftaran ulang. Nantinya, yang tinggal 1,87 peserta tersebut, akan mendapatkan notifikasi melalui email untuk ikut ditahap selanjutnya.

"Untuk peserta 1,87 juta yang belum ikut tahap pertama, tidak perlu mendaftar ulang. Nanti akan diberikan email link untuk ikut gelombang II, sehingga tidak perlu ulang semua proses yang sudah dibuat di awal," jelasnya.

Sebagai kita ketahui, pada tahun ini pemerintah menargetkan peserta Kartu Prakerja sebanyak 6,4 juta peserta yang akan dibagi dalam beberapa gelombang dan  setiap gelombangnya akan dipilih sebanyak 200 ribu peserta yang berhak mengikuti pelatihan.

Adapun pelatihan yang bisa dipilih oleh peserta yang lolos menjadi mitra Kartu Prakerja ada sebanyak 2.055 pelatihan secara digital yang disediakan oleh 198 lembaga yang menjadi rekanan pemerintah. (af/tendabesar)

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak