Perhatikan, Ini Kriteria MPASI Yang Penuhi Gizi Bayi


FaktaSehat.Online - Makanan Pendamping ASI atau yang lebih dikenal dengan sebutan MPASI mesti diberikan kepada bayi dengan tujuan membantu terpenuhinya kebutuhan gizi anak. ada beberapa kriteria MPASI yang bisa diberikan kepada bayi.

MPASI bisa dikatakan sebagai makanan transisi dari makanan pokok bayi (ASI) ke makanan keluarga. biasanya MPASI boleh diberikan ketika bayi berumur 6 sampai 24 Bulan.

WHO, Organisasi Kesehatan Dunia menyarankan MPASI harus memadai. Dalam artian, MPASI harus diberikan dengan jumlah, konsistensi dan frekuensi serta bersumber dari makananyang bergizi disamping tetap memberikan ASI kepada bayi.

Berikut ini kriteria MPASI yang baik untuk diberikan kepada bayi.

1. Waktu

WHO menyarankan pemberian MPASI pada bayi umur 6-8 bulan sebanyak 2-3 kali sehari, 9-11 bulan 3-4 kali sehari, 12-24 bulan 1-2 kali sehari dengan tambahan camilan bergizi.

2. Bergizi Seimbang

Makanan yang bisa digunakan sebagai MPASI merupakan makanan yang mengandung nutrisi tinggi dan gizi seimbang. MPASI hendaknya mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan serat. MPAI dengan nutrisi lengkap dan gizi seimbang mampu meningkatkan tumbuh kembang anak.

3. Mudah Dicerna

MPASI tentunya berbeda dengan makanan untuk orang dewasa. MPASI yang baik memiliki tekstur yang sesuai dengan usia bayi. MPASI harus mudah dicerna dan dengan bertahap tingkat kekerasannya seiring dengan bertambahnya usia bayi.

4. Higienis

MPASI merupakan makanan bayi haruslah higienis baik makanannya maupun cara menyiapkannya. hal ini untuk menghindari risiko bayi terinfeksi karena kuman atau bakteri.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak