Ternyata Hal Ini yang Bikin Yahukimo Membara!

perang antar suku di Yahukimo berujung pada perusakan.detik.net.id

TendaBesar.Com - Jakarta - Salah satu penyebab terjadinya peristiwa perang antar suku di Yahukimo, Papua, ialah karena isu tentang meninggalnya mantan Bupati Yahukimo Abock Busup, yang ditemukan meninggal dunia di Hotel Grand Mercure, Jakarta Pusat. Hal itu disampaikan oleh Karopenmas Div Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono. 

"Kita telah mengetahui bersama kasus penyerangan Gereja GIDI Yahukimo. Salah satu penyebabnya adalah isu tentang meninggalnya saudara Abock Busup," kata Rusdi, Senin (4/10/2021).

Rusdi mengatakan bahwa Abock merupakan mantan Bupati Yahukimo dan saat ini sedang menjabat sebagai Ketua DPD PAN Papua. Atas isu liar tersebut Rusdi meminta kepada masyarakat untuk tidak mudah terprovokasi sebab akan merugikan bagi masyarakat itu sendiri.

"Yang terpenting bagi masyarakat di Yahukimo tidak terprovokasi dengan isu-isu yang tidak benar dengan meninggalnya korban. Polda Papua sedang menangani kasus ini dan terus berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya," tutur Rusdi.

Rusdi menjelaskan bahwa penyebab pasti meninggalnya Abock Busup masih didalami petugas. Namun demikian pihak keluarga merasa keberatan untuk dilakukan autopsi terhadap jenazah korban.

"(Penyebab kematian) Ini masih didalami. Karena saat akan dilakukan autopsi untuk diketahui penyebab meninggalnya Busup, dari keluarga sendiri keberatan. Dan warga menyatakan telah menerima ini sebagai suatu takdir dan keluarga juga akan menjelaskan kepada keluarga yang lain bahkan masyarakat di Yahukimo. Sekarang kasus ditangani Polda Papua," terang Rusdi.

Rusdi menyebutkan bahwa jenazah korban ada di Jaya Pura. Sementara kasus sudah ditangani oleh polda Papua.

"Sekarang sedang dilakukan penyelesaian kasus ini, kita tunggu dulu. Untuk sementara jenazah korban ada di Jayapura. Kasus sekarang sengan ditangani oleh Polda Papua, nanti bagaimana Polda Papua untuk memperjelas kasus ini. Apakah dilakukan autopsi atau sebagainya, kita lihat perkembangannya," lanjut Rusdi.

Adapun berkaitan dengan  penyerangan yang dilakukan oleh salah satu suku di Yahukimo itu, pihak kepolisian masih mendalaminya.

"Alasan spesifik menyerang suku lain Sedang dialami. Tapi isu yang berkembang penyebabnya adalah akibat kematian dari Abock Busup," ungkap Rusdi.

Polisi juga sedang mendalami provokasi dari penyerangan tersebut. 56 Orang telah diperiksa untuk mencari dalang peristiwa berdarah tersebut.

"(Tersangka) Masih didalami. Masih ada sekitar 56 orang yang diminta keterangan. Kita tunggu saja kabar dari Papua, berapa orang yang dijadikan tersangka dalam kasus penyerangan," beber Rusdi. (ah/tendabesar)



Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak