Amin Rais Jawab Cibiran Anaknya Mumtaz Rais




TendaBesar.Com - Jakarta - Amin Rais dan anaknya Mumtaz Rais terlibat perseteruan karena berbeda pandangan politik. Mumtaz Rais bahkan pernah mencibir ayahnya dengan ucapan alih alih bisa mendeklarasikan partai baru, yang ada justru partainya nyunsep duluan.

"PAN Reformasi alih-alih akan terbentuk dan dideklarasikan, malah yang ada nyungsep sebelum tumbuh," ujar Mumtaz Senin (31/8/2020) sebagaimana dikutif merdeka.com

Iya pada waktu itu santer Amin Rais diberitakan oleh media jika dirinya bakal membentuk partai baru bernama PAN Reformasi.

Namun demikian Amin Rais yang dijuluki bapak reformasi itu justru mendeklarasikan partai baru bukan dengan nama PAN Reformasi melainkan Partai Ummat, Kamis, (1/10/2020).

Dideklarasikannya partai Ummat mendapatkan sambutan beragam dari kalangan masyarakat. Salah satunya dari Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

Dasco menanggapi pendirian partai baru itu dengan normative. Dasco mengatakan pendirian partai politik merupakan kebebasan berserikat dan berkumpul yang dijamin konstitusi. Dasco berharap munculnya partai Ummat menambah iklim sehat demokrasi.
"Yang dilakukan Pak Amien Rais sepanjang kemudian mengikuti aturan yang ada saya pikir tidak ada masalah membuat partai baru. Mudah-mudahan bisa menambah iklim sehat demokrasi di Indonesia," ujar Dasco, Kamis (1/10/2020).

Dasco mengatakan bahwa partai Gerindra tidak khawatir jika keberadaan partai Ummat menjadi ancaman tergerusnya suara Gerindra. Ia menganggap Wajar dalam persaingan demokrasi antar partai.suara turun naik.

Wakil Ketua DPR itu mengatakan, justru  partai politik pemilik kursi harus mampu menunjukkan program dan komitmennya kepada masyarakat  supaya konstituennya tidak meninggalkannya.

"Saya pikir enggak ada masalah sepanjang masing-masing partai politik punya kursi bisa menunjukan program dan komitmen kepada masyarakat, ya kita tetap yakin bisa menjaga konstituen kita," sambung Dasco.

Dalam deklarasi partai Ummat, Amien membuka pengenalan Partainya dengan kembali mengingat  perintah Allah SWT.

"Mukaddimah Partai Ummat. Kitab suci Al-Qur’an mendorong ummat beriman agar dalam mengarungi kehidupan di dunia mereka senantiasa melaksanakan dua perintah Allah SWT secara serentak," kata Amien, Kamis (1/10/2020).

Amien mengatkan bahwa perintah pertama dari Tuhan adalah melakukan Al-Amru bil ma'ruf dan An-Nahyu 'anil munkar yakni memerintahkan tegaknya kebajikan dan memberantas keburukan.

Sementara perintah kedua, dikatakan oleh Amin adalah menjalankan Al-Amru bil 'adli dan An-Nahyu 'anidzulmi yakni menegakkan keadilan dan memberantas kezaliman.

"Bila pertama bergerak lengkap pada tataran personal, familial dan komunal level mikro, maka yang kedua lebih pada tataran nasional level makro berkaitan erat dengan masalah kekuasaan," jelas Amien.

Amien mengatakan bahwa sejarah umat manusia telah menunjukkan, hanya negara yang mampu melakukan kezaliman kolosal. Dan sebaliknya, negara juga yang dapat menegakkan keadilan secara menyeluruh. (af/tendabesar)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak