Trending

Lamongan Panen Raya Padi Semi Organik






Lamongan TendaBesar- Dikabupaten Lamongan tepatnya bertempat di desa Konang Kecamatan Glagah telah dilaksanakan panen raya padi semi organik milik M. Yunus Kepala desa Konang.
pada Rabo, 4 agustus 2021 jam 09.00 wib, dengan di saksikan kepala UPT Dinas TPHP Tikung Ir. Sawin dan Camat Glagah Anton Sujarwo. MM

Padi varitas Inpari 42 tersebut setelah di ubin hasil nya 5.9 kg berarti lahan 1 ha hasil nya 9.44 ton.
Menurut M. Yunus uji coba padi semi organik ini memang sengaja saya lakukan agar petani di desa Konang ini bisa meniru, karena dengan kelangkaan pupuk subsidi maka jalan ini perlu kita coba dan hasil nya Alhamdulillah cukup memuaskan.

Lahan seluas 2.4 tersebut hanya butuh pupuk urea 1.5 kw NPK 1 kw dan organik 2 kw saja, kemudian di tambah nutrisi pupuk cair Ecovit 2 dengan penyemprotan dua kali saja sudah cukup, ujar M. Yunus.

Dengan metode ini para petani bisa menghemat penggunaan pupuk kimia yang hanya menggunakan seperempat dosis saja sudah cukup, ujar M. Yunus lanjutnya.

Eni Isminatin koordinator BPP Kecamatan Glagah merasa sangat senang sekali dengan melihat hasil panen padi semi organik ini.
Sedangkan Antok petugas POPT dari BPP Kecamatan Glagah juga berkomentar senada, karena melihat hasilnya sangat bagus dan terbebas dari serangan hama penyakit, yang di Aamini oleh Mangku Sasmito PPL dari BPP yang bertugas di wilayah desa Konang tersebut.

Priyo Basuki, Firman Lutfi dan Tika PPL yang bertugas mengubin juga berkomentar kalau metode ini cocok dan hasilnya bagus mungkin saja petani disini tidak akan bingung dengan kelangkaan pupuk bersubsidi karena dengan metode ini bisa mengurangi beaya saprodi, ujarnya mereka sambil menimbang hasil ubinan 5.9 kg.

Sedangkan menurut Kepala UPT Dinas TPHP Tikung Ir. Sawin, kalau memang metode tanam padi semi organik ini hasilnya bagus ini akan menguntungkan sekali bagi petani, disamping bisa mengurangi beaya produksi dan hasil panen beras organik juga mestinya lebih tinggi sambil berkelakar waktu makan siang setelah acara selesai yang juga di sambut gembira oleh Mulyadi Sekjen KTNA Kabupaten Lamongan yang turut hadir dalam acara tersebut. Kka.
Red/pak ciek


Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak