Trending

Presiden KSPI Minta Dana Pelatihan KPK Dialihfungsikan


TendaBesar.Com - Jakarta - Lebih dari 1.5 juta karyawan telah dirumahkan dan tidak menerima gaji akibat dampak negatif Coronavirus Disease (Covid-19) dan terus akan bertambah menunggu limit waktu sampai perusahaan kehabisan cash flow yang diprediksi hanya mampu bertahan sampai Juni, 2020.

Dalam kondisi dan situasi seperti ini, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyarankan agar pemerintah memberikan subsidi upah kepada pekerja terdampak Covid-19. Dengan cara misalnya Kartu Pra Kerja diubah menjadi subsidi upah. Jadi anggaran biaya yang dialokasikan untuk kegiatan training yang jumlahnya Rp. 1.000.000,- diberikan dalam bentuk cash kepada buruh.

Iqbal mengatakan "Pemerintah, dalam hal ini pak Jokowi, kan sudah ada itu Kartu Pra Kerja yang anggarannya ada trainingnya Rp. 1.000.000-, juga ada uang cash-nya 600 ribu, Iqbal menyarankan lebih baik trainingnya nggak usah diadakan, berikan cash-nya saja, kan nominalnya jadi lomayan gede. Nah itu bisa menjadi subsidi upah," katanya, Senin, (13/4/2020).

Sebagaimana diketahui halayak, bahwa nilai manfaat dari masing-masing peserta Kartu Pra Kerja itu  Rp 3.550.000. yang akan dicairkan dalam jangka 4 bulan, denagan rician Rp.750.000,-/ bulan dengan rician Rp. 600.000,- sebagai insentif penuntasan penuntasan pelatihan dan Rp. 150.000,- sebagai insentif survey kebekerjaan. Selebihnya Rp 1.000.000,- untuk biaya pelatihan. 

Iqbal menyarankan program pelatihan agar dialihfungsikan menjadi subsidi upah agar buruh mendapat nominal yang utuh, yaitu Rp 3.550.000. sebagai bekal selama 4 bulan. Memang tidak bisa memenuhi kebutuhan secara penuh tapi minimal mampu meringankan beben buruh yang di rumahkan tersebut, tuturnya

Sementara Pengurus Garda Metal FSPMI Ronal Timur, saat dihubungi tendabesar.com mengatakan " setuju dengan ide tersebut, tapi untuk mereka yang baru mau bekerja juga diperlukan adanya latihan kerja, adapun buat mereka yang saat ini dirumahkan atau di PHK tidak perlu mendapatkan latihan kerja, yang dibutuhkan mereka adalah bantuan dalam bentuk dana cash, artinya anggaran untuk pelatihan akan lebih berguna jika diberikan dalam bentuk subsidi upah cash. (ah/tendabesar)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak