PKS Kembali Gigit Jari, Kalah Telak Pada Pemilihan Wagub DKI Jakarta


TendaBesar.Com - Jakarta - Ahmad Riza Patria Ketua DPP Partai Gerindra menang telak atas pesaingnya politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nurmansyah Lubis, pada  Pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta pendamping Anis Baswedan, sisa masa amanah 2017-2022 yang dilaksanakan pada senin 6/4/2020.

Ada sembilan fraksi di DPRD DKI, yakni Gerindra, PKS, PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional (PAN), Nasdem, Demokrat, Golkar, PSI, Fraksi Gabungan PKB-PPP, hadir memberikan suaranya pada acara pemilihan. seratus orang anggota DPRD memberikan hak suaranya pada pemilihan tersebut.

Berdasarkan prolehan suara, Riza Patria unggul dari Nurmansyah dengan mengantongi 81 suara, sementara Nurmansyah hanya mengantongi 17 suara dan  suara tidak sah berjumlah dua suara.

Pemilihan ini sempat tertunda selama satu tahun disebabkan adanya tarik menarik kepentingan antara PKS dan Gerinda sebagai sekutu pada pemilihan capres-cawapres Prabowo-Sandiaga 

PKS pada awalnya sangat yakin akan medapatkan jatah kursi wakil gubernur DKI sesuai kesepakatan mendukung Prabowo pada pilpres 2019. Namun dalam perjalannya dua nama yang diusun PKS Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto susah menembus tembook tebal dan bahkan menemui jalan buntu

Dalam pembahasan yang sanagat alot akhirnya PKS dan Gerindra bersepakat masing-masing partai mengusulkan satu nama untuk mengikuti pemilihan wagub DKI dan akhirnya dengan kelihaian lobi gerindra dan keberpihakan dewi portuna, Riza Patria yang memennagkan pertarungan. kini ketua DPP Partai Gerindra itu tinggal menunggu penetapan dalam rapat pleno untuk mendapatkan legalitas secara hukum sebagi wagub DKI. (af/tendabesar)

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak