Begini Kata Sains Cara Jemur Pakaian di Dalam Ruangan Supaya Cepat Kering!


TendaBesar.Com - Opini - Begini Kata Sains Cara Jemur Pakaian di Dalam Ruangan Supaya Cepat Kering! Dalam proses pengeringan pakaian di dalam ruangan, terdapat tiga faktor utama yang memengaruhi waktu pengeringan yaitu suhu, kelembapan, dan aliran udara. Untuk menguapkan molekul air yang terperangkap dalam serat kain, air harus berubah menjadi uap.

Proses terjadinya pengeringan pakaian di dalam ruangan disebabkan oleh molekul air yang terperangkap dalam serat kain dan mendapatkan energi yang cukup untuk berubah menjadi gas. Hal ini dapat dipercepat apabila suhu lebih tinggi. Selain itu, molekul air di udara juga secara acak mengembun pada kain.

Claire Asher, seorang ilmuwan dari Universitas Leeds, mengungkapkan bahwa semakin rendah kelembapan udara, maka rasio penguapan terhadap kondensasi akan semakin tinggi, sehingga pakaian akan lebih cepat kering. Hal ini dilansir dari laman ScienceFocus pada Rabu (26/4) sebagai tanggapan atas pertanyaan seorang penanya

Claire Asher juga menjelaskan bahwa udara yang lebih hangat dapat menampung lebih banyak air sehingga suhu yang lebih tinggi dapat mengurangi kelembapan relatif dan membantu pakaian lebih cepat kering. 

"Jadi, semakin kering udaranya, semakin tinggi rasio penguapan terhadap kondensasi, dan semakin cepat pakaian mengering," ungkap Claire Asher.

Selain itu, aliran udara dapat membawa udara yang mengandung kelembapan menjauh dari pakaian yang sedang mengering, sehingga dapat meminimalkan kondensasi yang kembali menempel pada kain. Penjelasan ini juga dilansir dari laman ScienceFocus pada Rabu (26/4/2023).

"Saat menjemur pakaian di dalam ruangan, pilihlah ruangan yang hangat dan kering dengan ventilasi yang baik," jelas dia.

Selain cara-cara alami seperti memilih ruangan yang hangat dan kering dengan ventilasi yang baik, terdapat juga beberapa solusi teknologi yang dapat mempercepat proses pengeringan pakaian di dalam ruangan. Salah satunya adalah airer pakaian yang dipanaskan, yang menggunakan batang panas untuk mempercepat penguapan air pada pakaian. Selain itu, mesin pengering pakaian juga dapat digunakan dengan menghasilkan aliran udara panas untuk memanaskan pakaian dan menghilangkan kelembapan pada pakaian secara efektif.

Airer pakaian umumnya lebih murah dalam hal pembelian dan operasional, namun memerlukan waktu yang lebih lama untuk mengeringkan pakaian. Oleh karena itu, untuk mempercepat pengeringan pakaian dengan muatan yang lebih besar, mesin pengering pakaian dapat menjadi pilihan yang lebih ekonomis dan efisien.

Mesin pengering pakaian tradisional biasanya melepaskan uap air yang dihasilkan selama proses pengeringan, sedangkan mesin pengering kondensor modern mengumpulkan uap air tersebut ke dalam tangki. Mesin pengering kondensor dengan pompa panas adalah jenis yang paling efisien karena mengalirkan kembali udara hangat ke dalam mesin, namun jenis ini juga termasuk yang paling mahal dalam hal pembelian.

"Pod pengering adalah penemuan yang relatif baru; mereka meniupkan udara panas melalui pakaian yang tergantung di bawah penutup. Mereka cenderung mengeringkan pakaian lebih cepat daripada airer yang dipanaskan tetapi lebih mahal untuk dibeli dan dijalankan," tutur dia.

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak