Trending

Pesona Alam Jaran Kurus Sekeping Surga di Pulau Lombok (Pulau 1000 Masjid)

Jalur pendakian ke bukit Jaran Kurus.data:image

TendaBesar.Com - Lombok - Traveling ke pulau lombok pasti akan membuat anda enggan pulang. View alamnya yang mempesona membuat setiap orang kerasan berada di pulau mungil tersebut. Warga masyarakatnya yang ramah dan kekeluargaan membuat pulau sasak itu makin berada di hati para traveler.

Ada ratusan spot pantai yang indah menawan, seperti pantai pink, pantai Aan pasir putih, pantai senggigi kota baru, pantai kute dan ratusan spot pantai yang belum dijamah dan dikelola.

Di pilau mungil ini juga terdapat ratusan air terjun yang indah memukau, ada air terjun kembar, air terjun sendang gile, air terjun jerman dan ratusan lainnya yang belum dimaksimalkan. Ait terjun di pulau lombok cirinya tinggi-tinggi sehingga benar-benar nampak air terjun.

yang tak kalah mempesonanya adalah ratusan bukit serta gunung-gunung yang berjejer dengan tekstur bermacam-macam. Tentu saja yang paling masyhur ialah destinasi wisata Gunung Rinjani yang dihiasi wiew Segare Anak (anak laut) yang mungkin ini satu-satunya laut kecil yang berada di puncak gunung berapi dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut. 

Namun tentu kami tidak bisa melukiskan semua keindahan destinasi wisata yang ada di pulau lombok. Di sini kami akan coba gambarkan satu destinasi wisata yang juga dapat memukau pandangan mata. Berada di lokasi itu bisa membuat semua masalah anda hilang sejenak. Iya dia adalah destinasi Jaran Kurus.

Destinasi bukit Jaran Kurus diresmikan pada tanggal 15 Juli 2020. Berada di Desa Sapit Kecamatan Swela, Lombk Timur. Destinasi ini dikelola oleh sekelompok pemuda yang menamakan dirinya pemuda Sebau Lestari. 

Ketinggian bukit ini diperkiran 2.530 MDPL. Bukit ini memiliki tiga akses jalur yang bisa dilalui oleh pendaki salah satunya pemandian air panas Sebau Lombok timur. Diketahui bahwa ini merupakan jalur yang paling ekstrim menurut para pendaki atau traveler. Jalur ini memang jalur yang dipandang paling ekstrim sebab di samping terjal juga membutuhkan alat bantu. 

Untuk mencapai post 1 anda mebutuhkan waku sekitar 45 menit mendaki dan untuk mecapai post 2 anda membutuhkan waktu sekitar 2 jam pendakian. Di sepanjang jalan anda disungguhi dengan berbagai pemandangan yang indah dan juga buah strowberi hutan yang dapat anda petik dan makan sepuasnya.

Dinamakan Bukit Jaran Kurus oleh masyarakat, karena bukit ini seperti menyerupai punggung kuda yang kurus apa bila diperhatikan secara seksama. Dalam bahasa Sasak "Kuda" itu disebut "Jaran"

Ada juga pendaki yang menamai bukit ini sebagai jalur Siratal Mustaqiem karena bukit ini sangat tajam dan berbahaya. Di samping kiri dan kanannya terdapat tebing terjal dengan kedalaman ratusan hingga ribuan meter.

Naah bagi anda yang senang dengan traveling, senang menjajal destinasi wisata dan juga senang berpetualang, tak ada salahnya anda mencoba untuk mendaki bukit Jaran Kurus. Anda pasti dijamin mendapatkan kepuasan yang tidak dapat dilukiskan dengan kata-kata.

Sekedar himbauan..bagi anda yang dari luar daerah dan belum pernah mendaki bukit Jaran Kurus, baiknya anda mencari teman pendaki atau penunjuk jalan yang telah terbiasa mendaki ke kawasan destinasi wisata ini supaya anda tidak mengalami kesulitan dalam menapaki jalan pendakiannya.

Demikian informasi destinasi wisata ini kami sampaikan semoga bermanfaat buat kalian yang suka melakukan pendakian. (saf/tendabesar)

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak