Trending

Aprilia Manganang Anggota TNI Wanita Ganti Gen Jadi Pria?

Aprilia Manganang anggota TNI wanita mantan atlet voli berubah jadi pria.ffsportz.com

TendaBesar.Com - Jakarta - Jagat raya Indonesia heboh dengan informasi salah seorang anggota TNI wanita telah resmi berubah gen menjadi pria. Iya Aprilia Manganang yang merupakan sosok mantan atlet voli itu menyatakan pensiun dari dunia voli pada 2020 lalu. 

Keputusan Aprilia gantung sarung tangan dari dunia voli  dia sampaikan langsung melalui video yang diunggah di akun Instagram-nya. Wanita berpangkat Serda itu diketahui memiliki tubuh gagah berotot layaknya seorang laki-laki. 

Menengok akun akun Instagram miliknya, Aprilia kerap membagikan aktivitas yang dilakukannya. Hampir setiap aktifitasnya diabadikan di akun kesayangannya tersebut salah satunya ilaha melakukan olahraga fitnes.

Sosoknya yang berprestasi dan viral membuatnya mempunyai banyak penggemar. Bahkan, Aprilia telah memiliki lebih dari 29.2k pengikut di akun Instagram miliknya.

Yang mengajutkan tetiba TNI  AD mengonfirmasi bahwa Serda Aprilia Manganang yang  merupakan seorang anggota Korps Wanita TNI Angkatan Darat (Kowad) adalah seorang pria. 

Awalnya aprilia direkrut menjadi prajurit TNI AD melalui jalur penerimaan khusus anak muda berprestasi pada 2016. Hal itu disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Andika Perkasa. Awalnya Aprilia diterima menjadi TNI AD tanpa melalui pemerinkasaan yang ketat mengenai genrenya.

"AD memutuskan untuk menerima. Pemeriksaan tidak dilakukan selengkap yang kami gelar minggu lalu," tutur Andika di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021).

Andika mengatakan saat itu pemeriksaan medis tidak sampai pada diagnosa kelainan alat reproduksi Hipospadia. Kelainan alat reproduksi tersebut baru diketahui usai pemeriksaan medis pada Februari 2021 di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

"Saat dilahirkan dia punya kelainan pada sistem reproduksinya, Hipospadia," beber Andika 

Meskipun terjadi perubahan gen dari tadinya perempuan kini menjadi laki-laki, Andika memastikan Serda Aprilia tetap menjadi prajurit TNI AD. Meski secara administrasi kependudukan berubah jenis kelamin dari wanita ke pria.

"Manganang masuk TNI AD jadi Bintara Komunitas Ajudan Jenderal. Dengan kondisi ini maka saya dengan staf akan lakukan evaluasi untuk beri tugas yang pas. Kemungkinan besar pilihannya di perbekalan dan angkutan. Atau di kesehatan, tergantung pasion Manganang di mana," kata Andika 

Setelah lulus pada 2016, Aprilia ditempatkan di Dinas Jasmani. Sejak 2018 hingga saat ini, Aprilia ditugaskan di Kodam Manado. Ke depannya, Andika berjanji akan mengutamakan keinginan Aprilia. Apalagi sejauh ini Aprilia merupakan prajurit dengan rekam jejak yang baik. Bahkan Andika tak segan memuji Aprilia.

"Dia prajurit yang punya disiplin karena selama dinas tidak pernah ada pelanggaran, orangnya sangat nurut, saya yakin itu adalah attitude ya. Dia menunjukkan orang yang punya komitmen, disiplin. Selama berdinas pun selalu masuk dinas sesuai jam dan tidak ada perintah yang tidak dilakukan oleh dia," papar Andika. (fhj/tendabesar)

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak