Mardani Ali Sera Usul Mendagri Tito Jadi Orkestrator Pilkada 2020



TendaBesar.Com - Jakarta - Pelaksanaan pilkada serentak 2020 semakin dekat. Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah sedang sibuk-sibuknya melakukan berbagai persiapan. 

Di beberapa daerah bahkan proses pilkada sudah sampai pada tahapan pengundian nomor urut para kandidat yang akan bertarung.

Saling klaim bakal memenangkan pertarunganpun sudah mulai rame berdengung dari masing masing kandidat juga partai politik pengusung. Semua yakin bakal memenangkan pertarungan.

Di tengah hiruk pikuk persiapan tersebut anggota Komisi II DPR, Mardani Ali Sera mengusulkan agar Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, mengambil alih pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

Mardani beralasan bahwa jika orkestra Pilkada dipegang Mendagri, dia yakin Pilkada dapat diatur dengan baik sehingga protokol kesehatan juga terlaksana dengan baik.

"Harus ada yang berani mengambil orkestrasi. Saya berkali-kali menyarankan Pak Mendagri yang ngambil atau Presiden memberikan kepada Mendagri," imbuh Mardani dalam acara diskusi virtual dengan tema Pilkada Di Tengah Pandemi, Sabtu (26/9/2020).

Mardani berpendapat bahwa jika pilkada bisa diambil alih oleh Kemendagri, maka seluruh elemen hingga aparat desa bisa dikerahkan.

"Mendagri sampai tingkat aparat desa mereka punya, tinggal tugasnya jelas pokoknya pastikan protokol Covid-19, enggak ada cawe-cawe terhadap proses Pilkadanya, nah ada proses Pilkada ada Bawaslu bisa melaporkan," Jelas Mardani

Mardani menambahkan Kemendagri memiliki posisioning yang penting, sebab ia sebagai pembina seluruh kepala daerah, memiliki perangkat hingga tingkat paling bawah dan juga mantan Kapolri.

"Gini Mendagri punya sampai ke bawah, Mendagri pembina para kepala daerah. Mendagri bekas Kapolri, sehingga dengan segala halnya sudah fungsikan saja dia (Mendagri) sebagai orkestrator," tambah Mardani

Politisi PKS itu menilai bahwa pilkada dipegang Kemendagri bisa menjadi momen unjuk kekuatan bangsa Indonesia di mana bangsa ini mampu menyelenggarakan Pilkada secara langsung di masa pandemi covid-19.

Bahkan mardani mengaku jika dirinya sedari awal telah mengingatkan Mendagri Tito Karnavian, bahwa momen Pilkada ini adalah momen unjuk kekuatan. Oleh karenanya perlu dipegang oleh negara dalam hal ini Kemendagri.

"Dari awal sekali saya ingtkan Pak Mendagri, Pilkada ini akan jadi salah satu momen bangsa Indonesia di tengah pandemi bisa melakukan kegiatan masal terencana rapih tidak jadi cluster baru kalau orkrestrasinya kuat karena itu," tutup Mardani. (ah/tendabesar)

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak