Trending

Pengelolaan Pendidikan Yang Benar Bisa Menghantar Bangsa Ini Menjadi Besar


TendaBesar.Com - KBB - Besar kecilnya suatu pemerintahan akan bergantung pada keberlangsungan investasi pendidikanya. Pemerintahan yang serampangan mengelola pendidikannya, maka biasanya bangsa itu akan mengalami keterpurukan serta termajinalkan dari bangsa lain didunia.

Karena itu, seluruh bangsa di dunia saling berlomba agar dapat menerapkan berbagai kebijakan strategis dalam pendidikan dalam upaya mempersiapan generasi penerus bangsa yang handal.

Hal itu disampaikan Dadang A Sapardan Kepala Bidang SMP Kabupaten Bandung Barat (KBB) saat dihubungi melalui pesan whatapps pada, Ahad (03/05/2020).

Untuk itu pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, telah melakukan berbagai perubahan konsep kebijakan pendidikan dalam upaya menyelaraskan dengan kebutuhan kehidupan masa depan bangsa. 

"Sering sekali perahu kebijakan pendidikan mengalami perubahan yang dirasa cukup mengganggu perjalan status quo." Papar Dadang.

Sekalipun demikian, katanya, sosok pendidik menjadi pilar salah satu penentu keberhasilan pendidikan. Selain itu lanjutnya,  orang tua siswa dan masyarakat juga memiliki kontribusi besar terhadap laju berkembangnya pendidikan. 

"Melalui proses tersebut siswa diharapkan dapat menjadi sosok yang sesuai dengan cita-cita penyelenggaraan pendidikan yang tersurat dalam regulasi pendidikan di Indonesia." Bebernya.

Ia menyimpulkan, untuk memajukan sekolah sehingga dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam program sekolah, tidak dapat dilakukan dengan pola manajemen yang serampangan. 

"Sekolah harus memiliki kebijakan untuk dapat mengoptimalkan perannya. Paling sedikit terdapat tiga pilar yang berpotensi untuk menjadi penopang kemajuan sekolah, yaitu profesionalisme guru, manajemen sekolah yang akuntabel dan transparan, serta peran serta orang tua dan masyarakat." Pungkasnya. (ad/tendabesar)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak