Trending

Hindari Makanan Dan Minuman Ini Saat Buka Puasa


FaktaSehat.Online - Saat tiba berbuka puasa sering kali kita mendapati banyak makanan yang terhidang. beraneka ragam jenis makanan siap disantap dan menggoda selera makan kita.

Tentu tidak semua hidangan buka puasa dapat kita makan semua. selain pertimbangan kesehatan, Islam melarang kita untuk berlebihan dalam segala hal tak terkecuali makan dan minum. Islam mengatur semua adab dan tata cara makan dengan baik dan benar.

Dari sisi kesehatan, kita harus lebih selektif dalam memilih makanan dan minuman untuk buka puasa sehingga tidak menimbulkan gangguan kesehatan dan bisa lebih optimal dalam menjalani Ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Kali ini, Faktasehat akan berbagi jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat buka puasa. berikut ini penjelasannya.

1. Makanan Yang Pedas

Makanan yang pedas merupakan salah satu yang sebaiknya dihindari saat buka puasa. walaupun makanan pedas sering menggugah selera makan, tapi hal ini sangat tidak disarankan disantap saat buka puasa.

Senyawa Capsaicin yang terkdandung dalam cabai bisa memicu iritasi pada dinding lambung dan menimbulkan reaksi asam yang membuat rasa kram dan nyeri pada perut.

menyantap makanan pedas saat buka puasa bisa menimbulkan rasa perut tidak nyaman, nyeri dada dan diare.

2. Makanan Yang Digoreng

Makanan yang digoreng memang banyak diminati saat buka puasa. seperti gorengan seakan menjadi menu wajib saat buka puasa.

Jika makanan seperti gorengan dikonsumsi setiap hari selama buka puasa di bulan Ramadhan maka kemungkinan bisa menimbulkan masalah kesehatan seperti obesitas.

Seperti diketahui, gorengan banyak mengandung lemak trans dan lemak jenuh yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

3. Kopi

Jika terbiasa minum kopi, maka kemungkinan untuk meninggalkannya di saat malam hari Ramadhan sangat sulit. Sebenarnya minum kopi sangat baik bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam dosis yang wajar dan pada waktu yang tepat.

Minum Kopi saat buka puasa bisa menimbulkan kenaikan asam lambung dikarenakan kafein yang terkandung di dalamnya.

4. Makanan dan Minuman Yang Terlalu manis

Berbuka puasa dengan makanan yang terlalu manis sangat tidak disarankan. Hal ini karena bisa memicu meningkatnya kada gula dalam darah. lebih baik makan makanan yang manis dari buah-buahan seperti Kurma, semangka atau peer. Kurma merupakan makanan manis terbaik untuk disnatap saat buka puasa karena alami dan juga tidak menimbulkan kenaikan gula darah.

5. Makanan Yang Terlalu Asin

Menyantap makanan yang terlalu asin akan menimbulkan efek jangka panjang yang kurang baik. Makanan yang terlalu asin bisa menimbulkan Hipertensi alias Tekanan darah tinggi. Makanan yang terlalu asin juga bisa menyulitkan tubuh untuk menyerap nutrisi, hal ini dikarenakan garam mengikat air sehingga air sulit disebarkan ke seluruh sel dalam tubuh.



Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak