Ini Dia Aplikasi SDGs Desa Aplikasi Pendataan Digitak Kependudukan

Sustainable Development Goals (SDGs).trenggalekkab.go.id

TendaBesar.Com - Teknologi - Pemerintah melalui Kemendes sedang gencar-gencarnya melakukan sosialisas sekaligus pelatihan SDGs Desa terhadap para relawan pendataan penduduk di seluruh desa dan kelurahan yang ada di Indonesia.

SDGs upaya terpadu pemerintah dalam mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan. Dimana dengan program ini pemerintah mencoba menghadirkan Desa ekonomi yang tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa yang tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. 

Dalam bahasa kerennya pemerintah ingin membangun desa yang Sustainable Development Goals atau disingkat SDGs. SDGs Desa diharapkan menjadi role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021

Karena itu pemerintah melakukan pemutakhiran IDM 2021 juga berbasis SDGs Desa yakni pemutakhiran data IDM yang lebih detil, lebih mikro, dan lebih mendalam sehingga kedepannya dapat memberikan informasi lebih banyak tentang kondisi sesorang. 

Sementara itu Merujuk pada Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor  13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya ada 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa tersebut, yaitu: Desa tanpa kesenjangan, Desa tanpa kelaparan, Desa damai dan berkeadilan, Desa sehat dan sejahtera, Pendidikan desa berkualitas, Desa tanpa kemiskinan, Desa berkesetaraan gender, Desa layak air bersih dan sanitasi, Desa yang berenergi bersih dan terbarukan, Pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi desa, Inovasi dan infrastruktur desa, Kawasan pemukiman desa berkelanjutan, Konsumsi dan produksi desa yang sadar lingkungan, Pengendalian dan perubahan iklim oleh desa, Ekosistem laut desa, Ekosistem daratan desa, Kemitraan untuk pembangunan desa, Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif.

Di sisi lain upaya pencapaian SDGs desa dalam situasi dan kondisi Pandemi COVID-19 tidaklah mudah, dimana kondisi masyarakat yang sudah sangat lelah dengan berbagai persoalan hidup akibat covid-19. makin hari makin membuat mereka depresi, sementara sebagian besar pejabat dan atau pengusaha malah mendapat keuntungan berlipat. 

Oleh  karena itulah, penggunaan dana desa anngaran 2021 diprioritaskan untuk membiayai kegiatan yang mendukung tercapainya 10 (sepuluh) SDGs desa yang lebih difokuskan pada  kegiatan pemulihan ekonomi nasional, program prioritas nasional, dan adaptasi kebiasaan baru desa. Sedangkan 10 SDGs menjadi sasaran prioritas dalam situasu dan kondisi Pandemi Covid-19 adalah : Desa sehat sejahtera, Desa tanpa kemiskinan, Desa tanpa kelaparan, Desa berenergi bersih dan terbarukan, Keterlibatan perempuan desa,Desa damai berkeadilan, Pertumbuhan ekonomi desa merata, Konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan, Kemitraan untuk pembangunan desa, dan Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif

Naah bagi siapapun masyarakat yang ingin terlibat menjadi relawan maka baiknya gunakan aplikasinya dan sihkan download terlebih dahulu. Dan anda bisa download di sini :

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.kemendes.survey&hl=in&gl=US

Adapun terkait panduan pengisian, selengkapnya dapat dilihat di menu input SDGs Desa pada halaman https://www.kemendesa.go.id/sid/

(mhi/tendabesar)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak