Memetik Pelajaran Berharga Dari Bulan Ramadhan



Oleh : Hasbi Ash Shiddieqy

TendaBesar.Com - Opini - Seperti  biasa,  ramadhan datang dan pergi. Tapi adakah  yang membekas dalam diri kita? 

Dan seperti biasa pula ayat2 Alquran wabil khusus mengenai Ramadhan kita dengar dan kita baca,  adakah  yang membekas pada diri kita? 

Ramadhan ini sudah berkali kali menghampiri kita agar kita menjadi pribadi bertakwa (Albaqoroh 183). Tapi tahukah kita apa arti taqwa itu? 

Sahabat Rasulullah SAW yaitu Umar Ibnul Khattab pernah menjelaskan taqwa itu ibarat kita berjalan didalam sebuah lorong gelap yang penuh dengan duri,  yang artinya dalam hidup ini harus hati hati... 

Hati hati dalam segala hal,  hati hati dalam berbicara,  hati hati dalam bertindak laku dan hati hati dalam segalanya... 

Janganlah kita jadikan ibadah ramadhan ini sekedar ibadah ritual belaka,  hanya sebuah lapar dan haus yang kita dapatkan.. 

Jadikan akhir ini sebuah momentum dalam meningkatkan kualitas diri kita yaitu syawal yang artinya adalah peningkatan..

Dalam Ramadhan ini ada 2 tipe manusia yang menjalankan Ibadah di dalamnya yaitu: 

1. Tipe orang yang menjalankan ibadah karena Allah dan mengharapkan ridha serta ampunan dari-Nya. Inilah yang disebutkan dalam hadist baginda Rosululloh SAW yang berbunyi:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Yang artinya "Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu pasti diampuni”. (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Tipe yang kedua adalah tipe orang yang beribadah di bulan Ramadhan dengan ibadah apa adanya, hanya sebatas menggugurkan kewajiban. Dan inilah yang disebut dalam hadits Rosululloh SAW yang berbunyi:

رُبَّ صَائِمٍ حَظُّهُ مِنْ صِيَامِهِ الجُوْعُ وَالعَطَشُ

Yang artinya "Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga.” (HR. Ath Thobroniy dalam Al Kabir dan sanadnya tidak mengapa. Syaikh Al Albani dalam Shohih At Targib wa At Tarhib no. 1084)


Semoga kita menjadi tipe orang yang pertama dan semoga Allah SWT menerima segala amal ibadah kita dibulan suci ini... 

Aaaamiin
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak