Trending

Bahaya, Akun Tokopedia Diretas, Pemilik Akun "Terancaman Scam Dan Phising"


TendaBesar.Com - Jakarta - Berhati-hati bagi pengguna sturt up. baru-baru ini akun tokopedia dibobol hacker dan ada potensi pencurian data belasan juta akun. Pihak tokopedia-pun mengakui bahwa ada upaya pencurian data tersebut. 

Pengamat keamanan ciber Alfons Tanujaya, mengingatkan kepada tokopedia juga pengguna tokopedia bahwa ada potensi ancaman scam dan phising terhadap mereka.

Saat ini pengguna aktif tokopedia berjumlah 90 juta lebih dan yang berpotensi mengalami scam dan phising sebesar 15 juta akun dan mungkin bisa lebih besar dari jumlah tersebut.

Alfons mengingatkan bahwa yang perlu diperhatikan kedepannya adalah kemungkinan adanya scam dan phising lantaran data bocor dimana email dan nomor ponsel pengguna diambil untuk disalahgunakan.

"Kalau saya perhatikan yang perlu dijaga adalah kemungkinan terjadinya scam dan phising kedepan", tutur Alfons, Sabtu, (2/5/2020)

Sebagaimana kita ketahui scam adalah usaha tipu daya yang dilakukan dengan cara meyakinkan pengguna akun. Sementara phising adalah upaya penipuan dengan tehnik memancing pengguna akun agar mau mengilkuti situs tertentu dengan cara memberikan data pribadi tanpa pengguna akun menyadari hal tersebut.

Yand dikhawatirkan adalah ketika pengguna akun yang datanya bisa dicuru tergoda dengan phising dimana dia akan diarahkan untuk masuk ke situs tokopedia paslu dan dia mengikuti permintaan peretas, sehingga seluruh pengguna akun yang tertipu akan diketahui paswornya oleh peretas tersebut, dan itu membahayakan bagi pemilik akun.

Salah satu cara agar pemilik akun aman dari sabotase data oleh peretas adalah dengan tidak memberikan kode On Time Pasword (OTP) apabila ada permintaan yang masuk ke nomor telepon pemilik akun.

Alfon menyarankan agar pemilik akun tidak memberikan kode OTP tersebut kepada siapa saja yang menghubunginya. 

"Sebaiknya tidak memberikan kode OTP kepada siapa saja yang meminta", terang Alfons.

Semakin canggih tehnologi, juga semakin canggih cara penjahat melakukan kejahatan. Maka senantiasalah waspada agar anda terhinda dari kejahatan orang lain. (ah/tendabesar)

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak