Optimalisasi Peran Masjid Dalam Pandemi Covid-19


TendaBesar.Com - Cianjur - Dalam kontek pemberdayaan ummat, Masjid memiliki tiga fungsi yang dominan. Ketiga fungsi itu adalah Masjid sebagai sarana berdzikr (ibadah), Masjid berfungsi sabagai sarana pendidikan (fikr) dan terakhir Masjid berfungsi sebagai sarana kepedulian sosial.


Masjid sebagai sarana kepedulian sosial, memiliki peranan yang sangat dominan. Dalam konteks ini, Masjid harus mampu merespon persoalan persoalan sosial yang sedang terjadi di tengah masyarakat luas. Dalam hal ini, bagaimana takmir masjid mampu mengkoordinir segala potensi umat dalam usaha pembelaan terhadap saudara-saudaranya yang sedang terjadi.


Dalam hal ini, bagaimana Masjid mampu memberikan peranannya terhadap peristiwa yang terjadi seperti dampak pandemi covid-19 yang dirasakan oleh jamaah baik dari segi kesehatan, sosial dan ekonomi .


Menanggapi fungsi ini, DKM Riyadhusshalihin kompleks Gria Maleber Indah Karang Tengah Cianjur mencoba merealisasikan fungsi sosialnya dalam menjawa pengaruh pandemi Covid-19 .

Maka pada hari Selasa (07/04/2020) DKM membentuk posko Riyadhusshalihin peduli covid-19 dengan gerakan 1 kg beras dan 5 bungkus mie instan, yang di peruntukan bagi saudara-saudaranya  atau jamaah yang merasakan dampak dari pademi covid-19 ini . 



Alhamdulillah gerakan yang di lakukan DKM ini telah menghasilkan sejumlah kebutuhan diantaranya: beras 1250 Kg, 140 dus mie instan dan sembako (minyak, kecap, gula,garam,dll). Seluruh sumbangan ini berasal dari rereongan jamaah masjid Riyadhussholihin Gria Maleber Indah Cianjur.

Menurut koordinator program, Abu Aresta hasil rereongan ini telah di sebar kepada jamaah yang di anggap tidak mampu karena terdampak pandemi covid19, baik yang tinggal di lingkungan Gria maupun masyarakat di sekitarnya .


Lebih lanjut Abu Aresta menyampaikan bahwa posko ini masih tetap terbuka dan Alhamdulillah jamaah pun masih ada yang menitipkan untuk kepentingan saudara-saudaranya yang membutuhkan, bahkan salah seorang jamaah masjid telah menginfakan 1500 masker. (aar/tendabesar)

Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak