Trending

Mensos: Katar Berperan Aktif dalam Menanggulangi Permasalahan Sosial

Pengukuhan Pengurus PNKT dan MPKT oleh Mensos Tri Rismaharini.cdn.medcom.id

TendaBesar.Com - Jakarta - Dalam acara pengukuhan Pengurus Nasional Karang Taruna (PNKT) dan Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) masa bakti 2020-2025 di Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial RI, Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini menyampaikan bahwa Karang Taruna (Katar) memiliki peran aktif dalam membantu menanggulangi permasalahan sosial di masyarakat. 

"Salah satunya melalui upaya pencegahan dan penanggulangan permasalahan sosial di tengah masyarakat, terutama di masa pandemi Covid-19 saat ini," kata Risma. di Salemba, Jakarta, Selasa (2/3/2021).

Pada kesempatan itu Risma mengapresiasi dan mendukung peran Katar  sebagai salah satu pilar sosial yang strategis dalam menangani berbagai permasalahan sosial di tengah masyarakat.

Dalam sambutannya Risma memuji aksi Katar yang telah mampu masuk membantu masyarakat hingga ke lorong-lorong terkecil sekalipun. 

"Kekuatan Karang Taruna sudah masuk ke lorong-lorong terkecil masyarakat. Kita yakin bisa mencapai cita-cita kemerdekaan negara Indonesia," tutur Risma.

Risma berharap bahwa peran strategis Katar mengembangkan nilai-nilai kepeloporan melalui penguatan dalam mengatasi masalah-masalah sosial, bisa menjadi acuan dan daya dorong gerakan masyarakat luas dalam membangun lingkungannya masing-masing.

Risma juga menyemangati agar Katar yang berada di luar pulau Jawa supaya tetap memperlihatkan eksistensinya meskipun dalam keterbatasan. Risma menyemangati para pemuda yang tergabung dalam Katar agar terus berupaya bersama pemerintah membangun Indonesia untuk menuju kemajuan.

"Jadi, teman-teman Karang Taruna di luar Jawa, pastikan tidak ada kata menyerah, tidak ada kata putus asa. Ayo bersama-sama kita bangun Negara agar lebih maju dan lebih maju lagi. Selamat bertugas bagi Karang Taruna," pungkas Risma.

Menyingkapi harapan dan motivasi Mensos kepada para pemuda Katar, Inspirator Muda Indonesia, Shobri, M.EI mengapresia harapan dan motivasi yang diberikan oleh Risma. Namun demikian Shobri berharap Mensos tidak hanya memberi motivasi namun sebaliknya juga dapat memberikan fasilitasi Kepada Katar untuk dapat mengabdi lebih luas di masyarakat.

“Karang Taruna (Katar) itu memiliki peranan vital di masyarakat. Kita apresiasi apa yang disampaikan oleh Mensos, namun akan lebih maksimal peran katar itu jika mereka juga diberikan fasilitas berupa anggaran yang jelas. Wong di desa saja setau saya Katar tidak ada alokasi anggarannya”, kata Shobri

Menurut pemuda sasak itu Katar bergerak dengan banyak berkorban. Berkorban harta, waktu, pikiran juga tenaga terjun di masyarakat memberikan berbagai pengabdian social. Maka dari itu baiknya kementerian social dan kepemudaan perlu mengalokasikan anggaran khusus buat mereka yang berjuang tanpa pamrih.

“Saya berharap kementerian social dan kepemudaan mengalokasikan anggaran kepada katar untuk dapat lebih leluasa bergerak membantu masyarakat”, harapnya. (saf/tendabesar) 


Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak