Pengamat Kritik Kebijakan Kementrian BUMN Membolehkan Pegawainya Ngantor Lagi


TendaBesar.Com - Jakarta - Pada tanggal 15 Mei 2020, Kementerian BUMN mengeluarkan Surat Edaran (SE) tentang Antisipasi Sekenario The New Normal BUMN. 

Dalam surat tersebut disebutkan bahwa pegawai yang berusia di bawah 45 tahun wajib kembali bekerja pada Senin, 25 Mei 2020.

Tak ayal kebijakan tersebut langsung mendapat keritikan dari pengamat, salah satunya pengamat publik Agus Pambagio.

Agus mempertanyakan dasar kementrian BUMN dalam hal ini menteri BUMN, Erick Thohir mengeluarkan kebijakan tersebut, sebab mereka para pegawai yang berusia di bawah 45 tahun, tidak menjamin pandemi covid-19 tidak akan bertambah parah.

"Apa dasar menteri BUMN mengambil kebijakan tersebut, saya enggak ngerti, ini masalah kesehatan, bukan masalah ekonomi, ini wabah. Jadi apapun kebijakan yang akan diambil hendaklah merujuk pada hasil analisa saintifik kesehatan", Kata Agus, Ahad, (17/5/20200

Agus melanjutkan bahwa belum ada negara yang bisa dijadikan rujukan Indonesia untuk membolehkan pegawai di bawah 45 tahun kembali bekerja dalam kaitannya dengan pandemi covid-19.

Di tempat lain, Deputi Bidang SDM, Tehnologi dan Informasi Kementerian BUMN Alex Denni menjelaskan bahwa SE tersebut adalah pedoman umum antisifasi covid-19 di perusahaan BUMN yang harus selesai dibuat pada tanggal 25 Mei 2020 mendatang.Sementara realisasinya kapan akan dimulai, itu tergantung arahan pemerintah.

"Untuk realisaninya kita berpedoman pada komando atau kementerian terkait, serta keunikan masing masing klaster atau keweanagan Pemerintah Daerah", Ujar Denni, Ahad, (17/5/2020)

Sebagaimana diketahui bahwa, terdapat lima skenario antisipasi The New Normal BUMN dimana pase pertama tanggal 25 BUMN harus merilis protokol perlindungan karyawan, pemasok, pelanggan, mitra bisnis, dan stake holder yang berkepentingan.

Pegawai yang berusia di bawah umur 45 tahun diperintahkan untuk kembali bekerja, semetara yang berusia di atas 45 tahun diizinkan WFH.

Pada dasarnya wabah covid-19 tidak hanya berkaitan dengan protokol kesehatan, namun juga berdampak pada sektor ekonomi masyarakat yang hampir ambruk dan membutuhkan solusi cepat, tepat, efektif dan efisien. Semoga segera kembali normal (af/tendabesar)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak