Hati-hati dengan Hipertensi, Bisa Menyebabkan Kebutaan, Ini Cara Mengatasinya

Hati-hati dengan Hipertensi.ifepack.id

TendaBesar.Com - Sehat Natura - Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa menyebabkan komplikasi berupa gangguan kesehatan pada berbagai organ tubuh. Selain pada jantung, otak, dan ginjal, hipertensi juga dapat menyebabkan gangguan pada mata, mulai dari gangguan penglihatan, bahkan kebutaan. Kondisi ini dikenal dengan nama retinopati hipertensi.

Retina merupakan lapisan jaringan di bagian belakang mata yang berfungsi sebagai penangkap atau reseptor cahaya. Lapisan ini mengubah cahaya dan gambar yang masuk ke mata menjadi sinyal saraf yang dikirim ke otak, sehingga Anda bisa melihat.

Saat tekanan darah  tinggi, dinding pembuluh darah arteri di retina menjadi tebal dan menyempit sehingga aliran darah ke lapisan jaringan ini menjadi terbatas. Seiring berjalannya waktu, kerusakan pembuluh darah retina akibat hipertensi ini akan merusak saraf penglihatan.

Pada kondisi ini, retinopati hipertensi yang Anda alami bisa menyebabkan masalah penglihatan, bahkan hingga kebutaan.

Umumnya, retinopati hipertensi bisa terjadi bila tekanan darah terus menerus tinggi, yang melebihi angka 140/90 mmHg. Makin tinggi tekanan darah dan makin lama mengalami kondisi tersebut, maka lebih besar kemungkinan untuk mengalami kerusakan yang berat pada mata.

American Academy of Ophthalmology menyebut, faktor genetik atau keturunan sangat berperan pada retinopati hipertensi. Pasalnya, kasus ini lebih sering ditemukan pada seseorang yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit yang sama.

Selain yang disebutkan di atas, beberapa kondisi di bawah ini juga terkait dengan penyebab hipertensi, yang juga berisiko menyebabkan retinopati hipertensi, seperti:

Memiliki penyakit jantung.
Memiliki penyakit ginjal.
Mengalami aterosklerosis.
Mengidap diabetes.
Memiliki kadar kolesterol tinggi.
Mengalami obesitas atau berat badan berlebih.

Gejala retinopati hipertensi antara lain:

Penurunan penglihatan.
Mata bengkak.
Sakit kepala.
Penglihatan ganda.

Selain yang disebutkan di atas, hipertensi juga bisa menyebabkan kebutaan jika sudah semakin parah. oleh karena itu perlu segera ditangani jangan biarkan berlama-lama. 

Racikan herbal yang bisa anda lakukan untuk mengatasnya antara lain;

-9 lbr daun sendok
-5 batang seledri
-7 lbr daun alpukat
-2 ruas kunyit
-9 lbr daun dewa
-1 genggam daun kelor

Rebus dengan 5 gls air sampai mendidih dan 5 gelas air tersebut hingga menjadi jadi 3 gls lalu ambil airnya dan minum. Insya Allah biiznillah akan sembuh

Anjuran Treatment:

Rutinkan
Bekam & Lintah

Info dan layanan Bekam Sunnah, Pijat ( pijat syaraf kejepit HNP,Pijat syaraf  sendi tulang belakang, PijatNdeso...kesehatan ,herbal..bisa menghubungi nomor yang tertera. 085213258010 (Stiono, Ahli Terapi)
Lebih baru Lebih lama

Iklan

Iklan

Formulir Kontak